Sabtu, 12 Juli 2014

Manajemen Sumber Daya Manusia, Customer Service

Customer service adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan yang bertujuan melayani kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada pelanggan yang biasanya meliputi menjawab pertanyaan-pertanyaan, penerimaan order/pesanan barang, atau memberikan informasi, dan penanganan keluhan-keluhan yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Istilah dalam bahasa Inggris Customer service berarti pekerjaan pelayanan pelanggan. 
Tugas utama seorang CS adalah memberikan pelayanan akan kebutuhan pelanggan dalam mencatat pesan atau persoalan yang harus diselesaikan perusahaan, memberikan solusi , dan lain-lain.
CS biasanya ditempatkan di front office dan berinteraksi langsung secara tatap muka dengan pelanggan atau di back office dan berinteraksi melalui pesawat telepon atau Internet. Dalam dunia perbankan pekerjaan customer service dikategorikan sebagai pekerjaan pokok karena melalui pekerjaan tersebut terdapat interaksi awal antara Bank dengan nasabah atau konsumen perbankan untuk melakukan pembukaan rekening simpanan atau memperoleh informasi mengenai produk dan aktivitas tertentu Bank. 
Pekerjaan customer service juga berkaitan erat dengan penerapan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko Bank melalui penerapan Know Your Customer (KYC) dan Anti Money Laundering, pelaksanaan edukasi kepada calon nasabah atau nasabah agar memiliki pemahaman dan pengetahuan yang memadai mengenai aktifitas maupun produk Bank, pemeliharaan nasabah untuk menjamin kelangsungan usaha suatu Bank, dan perlindungan terhadap kepentingan dan hak nasabah dan konsumen termasuk kerahasiaan data nasabah. Apabila pekerjaan tersebut tidak ada, kegiatan operasional Bank akan sangat terganggu atau tidak terlaksana sebagaimana mestinya. 
Dalam praktiknya fungsi Customer service adalah sebagai berikut (Kasmir, 2005 : 182) : Sebagai Resepsionis, Artinya sebagai penerima tamu yang datang ke Bank. Tamu yang dimaksud adalah nasabah yang datang ke bank. Fungsinya dalam hal melayani pertanyaan yang diajukan nasabah dan memberikan informasi yang diinginkan selengkap mungkin. Sebagai Deskman, artinya sebagai orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan nasabah atau calon nasabah. 
Sebagai Salesman, artinya sebagai orang yang menjual produk perbankan,maksudnya menawarkan produk bank kepada setiap calon nasabah yang datang ke bank. Sebagai Customer Relation Officer, yaitu sebagai seseorang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh nasabah, termasuk merayu atau membujuk agar nasabah tetap bertahan tidak lari dari bank yang bersangkutan. Sebagai Komunikator, artinya sebagai orang yang menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara bank dengan nasabah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar